Pindah agama gara-gara OKK UI

Halo teman-teman semuaaa, di postingan gue yg pertama ini gue mau nyeritain pengalaman lucu pas ngikutin OKK UI. OKK itu kepanjangan dari Orientasi Kehidupan Kampus. Jadi itu tuh semacem ospek yg harus diikuti oleh semua mahasiswa baru UI. Buat yang belum tau, ospek di kampus UI itu dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu OKK, PSAF (Pengenalan Sistem Akademik Fakultas), dan PSAD (Pengenalan Sistem Akademik Departemen).

Setelah para maba menyelesaikan urusan pendaftaran (nyerahin berkas-berkas dan dapet KTM) di Balairung, semua maba dipaksa untuk mengikuti acara yg namanya "Welcoming Maba", yang merupakan bagian dari kegiatan pra-OKK. Acara nya tuh gk jelas banget. Maba-maba yang baru keluar dari balairung langsung dibarisin gitu, terus diajak muter-muter dari pos ke pos. Di pos pertama, panitia mempromosikan kaos OKK dan merchandise lainya yang katanya "wajib" untuk dibeli. Pos-pos lainnya diisi sama pengenalan organisasi departemen, paguyuban daerah, dan organisasi keagaman.

Nah terus apa hubungannya sama pindah agama? Jadi gini, sebelum masuk ke pos pertama, para maba dibarisin dulu ke tempat sholat buat sholat dzuhur karena emang waktunya udah mepet karena kelamaan ngantri pendaftaran di balairung. Sebagai seorang ateis yang memiliki ktp islam, gw males buat sholat. Jadi ketika kakak-kakak pemimpin barisannya bilang: "Yang non-muslim memisahkan diri dari barisan!" maka ya gw memisahkan diri, terus nunggu yg lain pada sholat. Yg gk sholat cuma gw sama kakaknya.

Selesai sholat, kita semua jadi satu barisan lagi dan jalan ke pos satu. Disana kita duduk dan ngedengerin panitia OKK mempromosikan merch dan kaos. Karena katanya kaos itu bakal dipakai di hari terakhir OKK oleh semua orang, jadi hampir semua maba pada beli. Apalagi ditambah kakak-kakaknya nakutin "Kalian gk mau kan disaat temen-temen kalian pakai Kaos UI, kalian enggak? Makanya beli sekarang!". Gw akhirnya bayar cash lunas untuk kaos nya aja, dan akhirnya nyesel karena kaos itu ternyata gk pernah dipakai pas acara OKK! Tapi gpp, gw ikhlasin aja 70rb gw itu.

Lanjut.... di pos kedua, kakak-kakak nya ngasih perintah lagi: "Yang non-muslim memisahkan diri dari barisan!". Ya akhirnya gw memisahkan diri dari barisan. Eh gk taunya, dia nanya "Agama kamu apa?". JREEENGGG! Gw bingung mau jawab apa. Kalo jawab ateis bisa panjang urusannya. Kalo jawab muslim pasti dia heran "kok kamu tadi gk sholat? Kok kamu memisahkan diri?". Mampus dah gw. Akhirnya secara refleks gw jawab "Khatolik, kak!", dia terus nyuruh gw masuk ke pos KMK.

Dan ternyata, ini adalah pos pengenalan organisasi keagamaan di UI. Kalo islam nama organisasinya "SALAM UI", kalo katolik organisasinya "KMK UI" (Keluarga Mahasiswa Khatolik), dll. Nah di pos KMK itu gw ngebunglon jadi beragama khatolik. Padahal gue samasekali gk pernah belajar agama khatolik. Disitu gue diajak berdoa-nyanyi bareng dan berbicara seputar iman khatolik, dimana gereja terdekat di UI, dan gue terpaksa gabung ke KMK. Yaudah gue daftar aja, nulis nama (Ronaldo aja, gk pake Abubakar hehe), jurusan dan fakultas.

Dan BOOM! Gw masuk KMK UI. Tapi gw gk pernah ikut kegiatan-kegiatanyya meskipun kakak-kakak dari KMK terus memfollow-up gw hingga beberapa bulan kemudian. Satu-satunya aktivitas gw di KMK adalah mesen danusan bakpao babi yg dijual sama panitia acara natal tahunan.

Mekipun gw anggota KMK gara-gara insiden OKK UI itu, pas PSAF sama PSAD gue gk bisa bohong. Jadi gue tetep ikutan mentoring agama islam sampai selesai.

Yah itulah cerita unik gw, maaf-maaf buat kakak-kakak panitia OKK dan KMK yg mungkin lagi baca. Jangan dianggap serius ya. Bukan bermaksud mempermainkan agama. Coba aja kalo UI mengakui dan memberikan tempat buat ateis-ateis kayak gw, pasti gk bakal begini ceritanya, hehehe. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masuk ke Wat Pho secara Gratis

Naik Kereta Bandara Bangkok Gratis